blog-img
02/01/2021

Kontemplasi Akhir Tahun - Putih S. A.

Tim CROP PPM BIM | Event

Waktu terus bergulir

Hari-hari telah terlewati

Penghujung tahun akhirnya jumpa lagi

Sebuah batas imajiner

Batasi kemarin dan hari esok

Sebuah momentum

Mengubur berbagai hal (kejadian) yang tidak baik

Lantas menatap optimis jauh ke depan, harapannya

 

Bicara pandemi

Hal yang mengubah kehidupan seluruh kita

Ekonomi  mampat

Interaksi tersekat

Psikologi beberapa berlarian tanpa arah

Yang lain umumnya juga sama

Tersendat, terhambat

 

Bicara pandemi

Coba lihat lawan persepsi

Langit membiru bersih

Jalanan menyepi, semakin asri

Cengkrama pagi terdengar lagi

Kreatifitas meninggi

Startup jadi preferensi

Manusia beradaptasi

Yang lain umumnya juga sama

Membaik, menaik

Sampai kapan? Jangan tanya

Sila berbisik pada Yang Mahakuasa

Berlega hati hari ini masih ada usia

 

Makna

Tidak terasa hari-hari di tahun yang istimewa ini telah beralu. Kita telah sampai pada penghujung tahun yang biasanya dijadikan sebagai batas imajiner yang membatasi antara masa lalu dan masa yang akan datang. Penghujung tahun juga dijadikan momen untuk mengubur berbagai hal (kejadian) yang tidak baik kemudian kembali fokus dan optimis pada harapan di masa depan. Harapannya dapat semudah itu untuk kembali fokus pada angan-angan.

Terdapat dua sudut pandang yang diutarakan penulis.

Kejadian besar yang terjadi selama tahun ini adalah pandemi COVID-19 yang mengubah kehidupan seluruh kita dari segi ekonomi yang terhambat bahkan hingga menurun, interaksi secara langsung sulit dilakukan, psikologi yang mungkin terganggu pada beberapa orang karena banyak faktor. Pada umumnya, semua bidang sedang mendapat dampak negatif pandemi COVID-19.

Sebaliknya, kita juga perlu melihat dari persepsi yang lain, yaitu dampak positif pandemi COVID-19. Beberapa diantaranya adalah langit semakin biru yang artinya polusi udara berkurang, jalanan memang semakin sepi, namun daerahnya juga menjadi hijau dan asri, anggota keluarga dapat berkumpul kembali dan semakin sering bercengkrama, kreatifitas masyarakat meningkat dalam berbagai platform– utamanya pada remaja–dan semakin banyak yang menggunakan startup untuk berlanja serta pandemi COVID-19 mengajak manusia agar lebih mudah beradaptasi dan mau tidak mau akhirnya manusia menjadi lebih mudah beradaptasi. Pada umumnya, tidak sedikit yang sedang mendapat dampak positif pandemi COVID-19.

Tidak perlu terlalu memikirkan kapan pandemi ini akan berakhir, yang terpenting adalah kita berusaha agar tetap sehat dan berdoa pada Tuhan untuk segala kebaikan. Jangan lupa bersyukur telah diberi umur sampai hari ini.

Bagikan Ke:

Populer